Pemdes Bonda Kecamatan Papalang Utama Peningkatkan Infrastruktur Jalan

Breaking News Ekonomi & Bisnis

Wantaranews.com – Mamuju

Pemerintah Desa Bonda Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Anggarkan proyek peningkatan jalan Desa.

Proyek ini, didanai melalui Dana Desa (DD), memiliki tujuan utama untuk meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas para masyarakat di dusun Beringin dan Tawaro

Kepala Desa Bonda, Abd. Wahab. S. Sos. Saat di temui wartawan Wantara News, menyatakan, bahwa ⁰proyek ini memiliki volume pekerjaan sepanjang 450 meter dan telah menyerap anggaran sebesar Rp. 38, 490, 511. juta.

Menurutnya, pengerasan jalan merupakan infrastruktur vital bagi para petani di kawasan perkebunan untuk memfasilitasi transportasi pupuk dan hasil panen agar lebih lancar. Minggu 14 April 2024.

Jalan Usaha tersebut melewati puluhan hektar tambak dan lahan perkebunan warga yang ditanami dengan berbagai jenis tanaman jangka panjang dan pendek, seperti coklat, sawit dan jagung, dan tambak.

Namun, kondisi jalan yang buruk, terutama saat musim hujan, menyulitkan mobilitas para petani dan nelayan untuk membawa hasil kebun dan tambak untuk di pasarkan.

Abd. Wahab. menjelaskan bahwa pembenahan total dilakukan di 2 titik yang mengalami kerusakan parah akibat cuaca yakni dusun Beringin dan dusun Tawaro.

Pengerukan dan penimbunan menggunakan material pasir batu (sirtu), serta pengerasan diharapkan dapat meningkatkan daya tahan jalan dalam jangka panjang.

Dengan adanya peningkatan Jalan ini, kedepannya kendaraan motor dan mobil bisa melintasi jalan tersebut, memudahkan akses para petani menuju kebun dan tambak mereka, terutama saat musim hujan.

Peningkatan infrastruktur ini diharapkan memberikan dampak positif bagi warga desa, khususnya bagi para petani dan nelayan yang bergantung pada lahan perkebunan dan tambak di wilayah desa bonda.  @  TY 

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *