Kemenpora-Kerajaan Arab Saudi Tanda Tangani Nota Kesepahaman

Breaking News

wantaranews.com – Jakarta

enteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo dan Kerajaan Arab Saudi menandatangani Nota Kesepahaman Bidang Pemuda dan Olahraga, disaksikan oleh Presiden Jokowi dan PM Arab Saudi. Adapun salah satu kerja sama yang ditandatangani diantaranya mengenai bidang pemuda dan olahraga. 

“Untuk pemuda antara lain program pertukaran pemuda kedua negara, mempromosikan kegiatan kepemudaan, mendorong kerjasama antarorganisasi kepemudaan, pertukaran pengetahuan dan pengalaman melalui konferensi, simposium, dan seminar berskala regional, nasional, dan internasional,” kata Menpora Dito dalam siaran resminya. 

Perlu diketahui sebelumnya,  Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Istana Al-Yamamah, Riyadh, Arab Saudi, pada Kamis, (19/10/2823). Pada kunjungan tersebut Presiden Jokowi bertemu Perdana Menteri (PM) Kerajaan Arab Saudi (KAS) Mohammed bin Salman al-Saud.  

Tiba sekitar pukul 14.00 WS, ketibaan Presiden di halaman depan Istana Al-Yamamah disambut secara resmi oleh PM Arab Saudi dan kemudian berjalan bersama-sama menuju panggung kehormatan. Prosesi penyambutan dilanjutkan dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara.

Selanjutnya, kedua pemimpin berjalan masuk menuju lobi Istana untuk memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara. Selepas itu, Presiden Jokowi dan PM Arab Saudi melakukan pertemuan bilateral di ruang pertemuan, Istana Al-Yamamah. Setelah pertemuan bilateral selesai, Presiden Jokowi kemudian menghadiri jamuan makan oleh PM Arab Saudi.

Rangkaian pertemuan itu diakhiri dengan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara pemerintah Indonesia dan KAS yang disaksikan oleh Presiden Jokowi dan PM Arab Saudi. Adapun salah satu kerja sama yang ditandatangani diantaranya mengenai bidang pemuda dan olahraga. 

Sementara di bidang olahraga di antaranya, Pertukaran kunjungan pejabat pemerintah, atlet, pelatih, ahli, dan peneliti di bidang olahraga, Membina kerja sama di bidang kedokteran olahraga, tindakan anti-doping, olahraga untuk semua, olahraga untuk penyandang cacat, dan ilmu pengetahuan serta teknologi yang diterapkan dalam olahraga, olahraga tradisional, dan industri olahraga.

Delegasi Indonesia yang turut serta dalam pertemuan tersebut, yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Kerajaan Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, dan Direktur Jenderal Aspasaf Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani. 

Sementara dari Kerajaan Arab Saudi turut hadir yaitu Menteri Pertahanan Arab Saudi Khalid bin Salman al-Saud, Menteri Olahraga Arab Saudi Abdulaziz bin Turki Al Faisal Al Saud, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan al-Saud, Menteri Kebudayaan Arab Saudi Badr bin Farhan al-Saud, Menteri Keuangan Arab Saudi Muhammad Abdullah Al-Jadaan, dan Menteri Investasi Arab Saudi Khalid Abdulaziz Al-Falih.

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *