Menko Polhukam Pastikan Pererat Kerja Sama dengan Australia

Breaking News Pemerintahan

wantaranews.com – Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal TNI (Purn.), Hadi Tjahjanto, memastikan kepada Duta Besar Australia untuk RI Nikki Penelope (Penny) bahwa Australia tetap menjadi mitra strategis bagi RI.

“Australia merupakan mitra strategis Indonesia, sehingga akan terus mempererat hubungan kerja sama yang selama ini telah terjalin,” kata Hadi usai pertemuan dengan Dubes Penny di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Dalam pertemuan itu, Hadi  meminta Penny untuk terus berkomunikasi intens dengan Kemenko Polhukam RI guna menjajaki peluang kerja sama lain antara Indonesia dan Australia.
Hadi menceritakan saat dia menjabat sebagai panglima TNI, hubungannya dengan Pemerintah Australia terjalin erat.

“Saya juga dianugerahi penghargaan kehormatan Order of Australia (Divisi Militer) dan disampaikan langsung oleh Dubes Penny,” kata Hadi.

Hadi juga menitipkan salam untuk Angus Campbell, yang saat ini menjabat sebagai panglima Angkatan Bersenjata Australia (ADF).

Sementara itu, Penny  mengakui bahwa selama ini berbagai persoalan yang dihadapi kedua negara dapat diselesaikan melalui jalur komunikasi erat antarmenteri, antarkepala lembaga, serta seluruh pejabat teknis Pemerintah RI dengan perwakilan dari Pemerintah Australia.

Oleh karena itu, Penny berharap komunikasi Tjahjanto atas pelantikannya sebagai menko polhukam RI. Mendagri Australia menyampaikan komitmen kementeriannya untuk melanjutkan kerja sama erat dengan Kemenko Polhukam RI.

Di penghujung pertemuan, Penny memberikan cenderamata untuk Hadi, yaitu sebuah foto yang menunjukkan dia berkeliling di Pangkalan Udara Adisutjipto, Yogyakarta, pada tahun 2019, dengan menumpang Jeep bersama Angus Campbell.

Dalam pertemuan tersebut, Hadi didampingi oleh Deputi Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri Kemenko Polhukam RI Rina P. Soemarno dan Asisten Deputi Koordinasi Kerja Sama Multilateral Kemenko Polhukam RI Adi Winarso.

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *