Kemenhub Rancang Aturan Penanganan Kendaraan Listrik

Breaking News Pemerintahan

wantaranews.com – Jakarta

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar focus group discussion (FGD) guna merumuskan regulasi yang mengatur tata cara penanganan dan pengangkutan kendaraan listrik berbasis baterai yang dikirim lewat jasa angkutan penyeberangan.

Demikian disampaikan Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan, Lilik Handoyo menyikapi semakin meningkatnya permintaan kendaraan listrik di Indonesia yang sebagian besar dikirim melalui jasa angkutan penyeberangan, guna mewujudkan aspek keselamatan pelayaran saat mengangkut kendaraan listrik.

“Seperti kejadian beberapa kapal penyeberangan yang mengangkut kendaraan listrik, adanya muatan yang terbakar pada saat mengangkut kendaraan listrik yang bersumber dari baterainya,” ujar Lilik pada Jumat (1/3/2024).

Dengan adanya regulasi yang mengatur pengangkutan serta penanganan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, diharapkan dapat mencegah atau meminimalisir risiko terjadinya musibah kecelakaan kapal saat pengangkutan kendaraan listrik.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan FGD dapat menjadi perhatian bersama dan menambah wawasan dalam penyusunan regulasi terkait pengaturan dan penanganan pengangkutan kendaraan listrik dengan angkutan penyeberangan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasubdit Pengendalian Operasional Sungai, Danau dan Penyeberangan, Capt Bintang Novi mengatakan harapannya melalui FGD yang diselenggarakan secara hybrid agar mendapat masukan seluruh stakeholders demi memperkaya substansi regulasi tentang pengaturan dan penanganan kendaraan listrik baik di pelabuhan penyeberangan sampai dengan pemuatan di atas kapal penyeberangan.

“Diharapkan semua stakeholders yang hadir dapat memberi masukan demi mewujudkan keselamatan pelayaran khususnya pada saat mengangkut kendaraan listrik. Adapun narasumber pada FGD ini terdiri dari 5 orang yang sangat ahli di bidangnya,” paparnya.

Narasumber tersebut antara lain Praktisi Kemaritiman Capt Indra Priyatna; Plt. Ketua Sub-Komite Investigasi Kecelakaan Pelayaran KNKT Capt. Anggiat Pandiangan; Divisi Research and Development PT Biro Klasifikasi Indonesia Rizqi Fitra H, Kepala Departemen Teknik Transportasi Laut ITS DR.Ing Ir Setyo Nugroho, serta General Manager Operations at AMSA Allan Schwartz.

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *