Pemerintah Beri Berbagai Kemudahan untuk Jadi Wirausaha

Breaking News

wantaranews.com – JAKARTA

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan ajang Indonesia Digital MeetUp 2023 (IDM) 2023 yang secara khusus mengusung tema Festival Wirausaha Mudah menawarkan berbagai kemudahan untuk menjadi wirausaha.

Melalui keterangan resmi yang dikutip wantaranews.com.Jumat (6/10/2023), Menteri Teten menjelaskan saat ini sudah banyak berkembang aplikasi digital yang bisa membantu masyarakat dalam memulai berbisnis. 

Banyak sekali aplikasi digital yang bisa membantu memudahkan orang memulai bisnis, dari mulai menyediakan perusahaan maklon, jasa pengiriman, hingga perluasan akses pasar yang jangkauannya luas.

“Sudah banyak enabler yang bisa membantu produksi, pembiayaan, dan kemudahan lainnya, itulah kenapa kita buat program wirausaha mudah,” kata Menteri Teten dalam acara IDM 2023, Festival Wirausaha Mudah pada Kamis (5/10/2023).

Ia menambahkan, UMKM perlu berevolusi agar tidak sekadar tumbuh dan berkembang. Evolusi UMKM dimaksudkan agar UMKM bukan sekadar usahanya berkembang. Produk yang diciptakan harus berdaya saing.

Kemudian melahirkan entrepreneur baru dari kalangan anak muda, yang aware dengan teknologi, bisnis model inovatif, relevan, dan tidak menjadi kompetitor bagi pedagang yang ada. Jangan investasi baru hanya memodernisasi model lama ke model baru.

Untuk itu, kata Menteri Teten pemerintah Indonesia saat ini berupaya melakukan transformasi digital yang juga mampu memperkuat bisnis tak hanya kuat di sektor hilir, tetapi juga di hulu. 

“Di hilir sudah terlalu banyak, digitalisasi jangan kemudian diturunkan artinya hanya bagaimana berjualan di online saja. Bukan lagi bicara apa itu seller, afiliator, bukan itu,” kata Menteri Teten.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LLP-KUMKM) atau Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengatakan IDM23 menjadi satu-satunya event di Indonesia yang menawarkan berbagai solusi digital bagi UKM yang ingin scaling-up bisnisnya. 

“Rangkaian Exhibition Day di IDM 23 akan menjadi tempat showcasing ekosistem kemudahan berwirausaha untuk mendukung target pencapaian rasio empat persen jumlah wirausahawan pada 2024, sekaligus menuju Indonesia Emas 2045,” ucapnya.

Rangkaian Exhibition Day di IDM 23 diselenggarakan di Gedung Smesco Indonesia pada 5-6 Oktober 2023. Terdapat 80 booth/tenant perusahaan yang menawarkan beragam jenis kemudahan yang akan didapat oleh pengunjung.

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *