Protes Pengelolaan DD Tidak Padat Karya, Warga Geruduk Kantor Desa Bulu Mario

Breaking News Korupsi

Wantaranews.com – MAMUJU UTARA

Sejumlah warga mendatangi Kantor Desa Bulu Mario Kecamatan Sarudu Kabupaten Pasangkayu. Tujuan warga tersebut mempertanyakan pengelolaan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2023 yang tidak memberdayakan masyarakat.

Salah satu warga Desa Bulu Mario Andi Rahmat yang tinggal di Dusun Tritunggal mengatakan, kami anggap anggaran yang terpampang di papan proyek normalisai parit sebesar Rp.138.700,000 tidak rasional dengan volume pekerjaan 1250 meter yang titik pekerjaannya berada di Dusun Tritunggal, Dusun Lomangja dan di Dusun Lima.

“Kenapa tidak rasional menurut kami, dari anggaran keseluruhan Rp.138.700,000 bersumber dari Dana Desa tahun 2023 hanya dengan volune pekerjaan 1250 meter normalisasi parit ini, kemudian dikerjakan memakai alat (Scapator) tanpa ada musyawarah terlebih dahulu. Pekerjaan ini, harusnya memberdayakan masyarakat Desa Bulu Mario,” ucap Andi

Kami pernah tanyakan tapi belum ada respon dari Pemerintah Desa Bulu Mario terkait hal tersebut. Dengan menyurati Badan Perwakilan Desa (BPD), kemudian pihak BPD menindak lanjuti dengan memanggil Kepala Desa. Namun, sampai saat ini Kepala Desa belum siap memberikan penjelasan terkait pekerjaan normalisai parit tersebut,” katanya.

Padahal, Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022, Padat Karya Tunai Desa adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat Desa, khususnya yang miskin dan marginal, yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Padat Karya Tunai Desa dalam pelaksanaan Dana Desa diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, dengan memberikan honorarium (upah) langsung tunai kepada tenaga kerja yang terlibat, baik secara harian maupun mingguan, sehingga dapat memperkuat daya beli masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Di konfirmasi Kepala Desa Bulu Mario Muh. Alwi melalui pesan whapshap terkait hal tersebut, namun belum memberikan jawaban, ia hanya mengirim pesan.

“Owh.., ada yang mengadu ke kita, pengaduan dalam bentuk bagaimana Pak dan warga mana,”terangnya. @ Texan Yosafat 

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *