MoU Perumdam Tirta Darma Ayu Dengan PT Kilang Pertamina Internasional Menjadi Mitra Strategis Menambah PAD

Breaking News

Wantaranews.com – Indramayu

Perumdam Tirta Darma Ayu alirkan air bersih ke komplek perumahan Bumi Patra Pertamina kemudian masuk kekilang dan Pertamina lainya sebagai bentuk kerjasama jual beli air bersih. Juga menjadi mitra strategis untuk melapis agency problem, mulai permasalahan kesehatan, penyediaan air minum, ini menjadi diskusi demi untuk membangun kebersamaan Indramayu bermartabat

Kerjasama ditandai dengan dilakukan penandatanganan perjanjian oleh General Manager PT KPI Unit Balongan Diandoro Arifian dengan Direktur Utama Perumdam Tirta Darma Ayu, Ady Setiawan, yang disaksikan Bupati Indramayu Nina Agustina, Kamis , 15 Desember 2022 , di Gedung Patra Ayu Perumahan Pertamina Bumi Patra.
Bupati Indramayu Nina Agustina dalam kegiatan tersebut menguraikan, kerjasama jual beli air bersih ini juga meningkatkan pendapatan penjualan air Perumdam Tirta Darma Ayu setiap bulannya, menambah mitra strategis BUMN sebagai solusi pelapis agency problem, dan meningkatkan kualitas pelayanan air minum.
“Sinergi ini semoga tetap terjaga dan semakin meningkat menuju Indramayu yang lebih baik dan bermartabat”, jelas Bupati Indramayu Nina Agustina.

Diandoro Arifian memaparkan sebelumnya kebutuhan air untuk area Kilang Pertamina Balongan dan komplek perumahan disupplay melalui unit Utilities milik RU VI di Salamdarma Subang yang berjarak sekitar 60 KM.

Ahirnya dengan kerja sama ini, kebutuhan air untuk area perumahan telah disupplay dari Perumdam Tirta Darma Ayu, sedangkan untuk kebutuhan operasional Kilang tetap melalui Unit Utilities di Salamdarma Subang.

“Ini merupakan langkah strategis dalam mendukung bisnis sustainability Pertamina maupun Perumdam Tirta Darma Ayu”, jelas Diandoro.

Dengan adanya pengaliran sumber daya air ini, bagi pertamina RU VI Balongan dapat meningkatkan sinergi kerjasama BUMN dan BUMD serta meningkatkan fleksibilitas operasional Pertamina. Tambahnya.

Dalam sambutannya Direktur Utama Perumdam Tirta Darma Ayu, Ady Setiawan, menjelaskan pada tahap pertama perumahan Pertamina mendapatkan pasokan air bersih sebanyak 20 meter kubik perjam dan akan mengalami peningkatan pada tahun 2023 nanti menjadi 70 meter kubik per jam air baku yang dialirkan untuk PT KPI Unit Balongan berasal dari Kuningan yang memiliki kualitas air yang bersih.

“Karena sumber air baku dari Kuningan sumbernya sudah bersih, maka akan meringankan pengolahan, dan cepat bisa digunakan”, ungkap Ady Setiawan. Jumat 15/12/2023 di Gedung Patra Ayu Perumahan Pertamina Bumi Patra.(Nanang)

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *