AP I Hadirkan Fasilitas UMKM dan PKL di Bandara Lombok

Breaking News

wantaranews.com – jakarta

Setelah selesai dengan program pengembangan infrastruktur di sisi udara dan perluasan terminal, Angkasa Pura/AP I juga menghadirkan fasilitas-fasilitas bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan pedagang kaki lima (PKL) di Bandara Internasional Lombok.

Adapun segala fasilitas tersebut dihadirkan sebagai bentuk peran aktif, serta dukungan kesuksesan pelaksanaan event internasional MotoGP 2022 di Mandalika yang akan digelar pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

“AP I senantiasa berkomitmen menjadi wadah dan turut serta memajukan ekonomi kreatif melalui pemberian peluang bagi pelaku UMKM dan PKL di Provinsi NTB untuk mempromosikan dan menjual produk-produknya di tengah momentum pelaksanaan event MotoGP 2022 di Mandalika,” ujar Direktur Utama AP I, Faik Fahmi, Kamis (10/3/2022).

Bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi NTB, AP I menyediakan ruang untuk pemasangan instalasi planogram. Planogram merupakan diagram yang menampilkan produk-produk kreatif UMKM Indonesia dalam rak display. Pengguna jasa dapat dengan mudah untuk mengetahui informasi dan foto produk kreatif, beserta QR code yang menyambungkan dengan akun resmi pelaku kreatif di marketplace nasional atau platform penjualan lain.

“Planogram ini hadir di area terminal kedatangan penumpang di Bandara Internasional dan menampilkan produk-produk kreatif dari 300 peserta UMKM Indonesia. Produk yang ditampilkan seperti produk fashion, kriya, kuliner, hingga aksesoris terkait otomotif dan dapat dengan mudah dibeli oleh pengguna jasa secara cashless ataupun dibeli secara langsung,” kata Faik Fahmi.

Sedangkan untuk mendukung peningkatan ekonomi bagi komunitas PKL di sekitar Bandara Internasional Lombok, AP I telah menghadirkan fasilitas lapak usaha bagi PKL. Lapak usaha ini memiliki kapasitas 90 unit dan sebanyak 60 unit saat ini telah diisi oleh PKL. Area lapak usaha PKL ini berada sisi barat parkir kendaraan roda dua maupun roda empat Bandara Internasional Lombok.

“Total investasi pembangunan lapak usaha ini sendiri mencapai Rp4 miliar. Hadirnya lapak usaha bagi PKL ini merupakan komitmen dan perhatian kami untuk menyediakan tempat usaha yang nyaman, aman, bersih dan ítertib hingga mampu mendorong peningkatan pendapatan usaha bagi PKL di sekitar Bandara Internasional Lombok,

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *