Pemerintah Kota Bekasi Kolaborasi Dengan Berbagai Pihak Wujudkan Sekolah Ramah Anak

Breaking News

wantaranews.com – KOTA BEKASI

Pemerintah Kota Bekasi berkomitmen untuk terus mengkampanyekan stop kekerasan pada anak dan menjadikan Kota Bekasi ramah bagi anak-anak.

Bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bekasi, Dinas pendidikan beserta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bekasi menggelar sosialisasi program Sekolah Ramah Anak dengan mengusung tema ‘Stop Kekerasan Pada Anak, Sayangi dan Lindungi Mereka, Anak Senang, Guru Tenang, Orang Tua Bahagia’

Istri Plt Wali Kota Bekasi Wiwiek Hargono Tri Adhianto bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  H Makbullah, Kepala Dinas Pendidikan Inayatullah hadir dalam sosialisi tersebut.

Dalam sambutannya Wiwiek Hargono Tri Adhianto menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya dan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan sosialisasi Sekolah Ramah Anak ini merupakan wujud nyata akan perhatian dan peran Pemerintah Kota Bekasi.

“Menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini sosialisasi Sekolah Ramah anak ini merupakan wujud nyata akan perhatian dan peran serta jajaran Pemerintah Kota Bekasi, selanjutnya kami berupaya semaksimal mungkin bersama OPD terkait untuk mendukung termasuk mendorong sekolah /madrasah lain agar mengkampanyekan program SRA ini”, imbuhnya.

Hal ini dilakukan pemerintah dengan cara berkolaborasi dengan seluruh pihak untuk mewujudkan Kota Bekasi ramah anak dan perempuan.

Kepala Dinas Pendidikan Inayatullah menyampaikan dalam mewujudkan sekolah ramah anak perlu di dorong oleh berbagai pihak seperti keluarga dan masyarakat yang merupakan pusat pendidikan terdekat bagi anak-anak, lingkungan yang mendukung memberikan rasa aman bagi anak akan sangat membantu proses perkembangan jiwa anak.
 
“Untuk mewujudkan sekolah ramah anak perlu dukungan dan dorongan penuh oleh berbagai pihak seperti keluarga dan masyarakat, semua unsur dapat memberikan rasa aman bagi anak dan itu sangat membantu proses perkembangan anak-anak kita. Menjadi tugas kita semua untuk menyelamatkan anak-anak kita,” ujar Inayatullah

Lanjut Inayatullah mengatakan masyarakat merupakan indikator yg mendukung dalam terbentuknya Kota layak anak.
 
 “Adapun dalam proses mewujudkan Sekolah Layak Anak disusun pula program yang berbasis sekolah antara lain Sekolah Adiwiyata, Sekolah Berkawasan Tanpa Rokok, Pangan Jajan Sehat, Kantin Kejujuran serta UKS”, jelas Inayatullah

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  H Makbullah, mengatakan kekerasan pada anak belakangan ini sudah menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi pemerintah Kota Bekasi. 

“Belakangan ini kekerasan pada anak menjadi PR bersama bagi kita semua. Apalagi kasus kekerasan seksual yang membuat kita miris dan sangat tepukul apalagi diantara pelakunya adalah orang-orang terdekat. Dengan itu kami sangat serius dalam menangani kasus-kasus tersebut dan terus mendukung secara penuh para korban maupun keluarga korban. Ini menjadi tanggung jawab kita, pemerintah menjadi garda terdepan dalam melindungi anak-anak kita. Dan jangan takut melaporkannya, kami berikan dukungan terus,” kata Makbullah.  

Sekolah Ramah Anak ini mempunyai tujuan untuk menciptakan kondisi sekolah yang aman, nyaman ramah dan menyenangkan untuk anak Indonesia serta warga sekolah lainnya harus mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik dari Pemerintah Daerah maupun dari Pemerintah Pusat . Sekolah Ramah Anak juga merupakan solusi untuk mengurangi tingginya angka kekerasan yang terjadi disekolah.

tags.SMPN 1 Bekasi

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *