Wamenhan RI Dubes Jepang Bertemu Bahas Sejumlah Kerja Sama Pertahanan

Breaking News

wantaranews.com – jakarta

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra bersama Duta Besar Jepang untuk Indonesia H.E. Mr. Kanasugi Kenji melakukan pertemuan untuk membahas sejumlah kerja sama bidang pertahanan.

Pembahasan kerja sama itu terungkap saat Wamenhan menerima Dubes Jepang untuk Indonesia di Kantor Kemhan, Rabu(2/3/2022).

Sejumlah pembahasan yang dibicarakan diantaranya rencana pengadaan alutsista, pertukaran pendidikan, pelatihan dan beberapa kerja sama lainnya.

Pertemuan itu menindaklanjuti kesepakatan kerja sama yang dilakukan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menhan Jepang Nobuo Kishi pada 30 Maret 2021. Pertemuan keduanya menandai dimulainya kerja sama antara industri pertahanan Indonesia dan Jepang.

Kesepakatan ini ditandatangani, setelah pertemuan 2+2 dengan Menteri Luar Negeri kedua negara.

Menhan Jepang Nobuo Kishi saat itu menyampaikan kerja sama tersebut membuka fondasi kuat bagi kedua negara untuk menjaga keamanan bersama yang akan mempercepat keputusan ekspor alutsista Jepang ke Indonesia.

Hubungan kerja sama pertahanan antara kedua negara selama ini telah berjalan dengan sangat baik di bawah payung Memorandum of Cooperation and Exchanges in The Field of Defence, yang ditandatangani kedua Menteri Pertahanan pada 23 Maret 2015 di Tokyo, Jepang.

Kerja sama yang terjalin di antaranya, dialog dan konsultasi antara Lembaga Pertahanan, TNI dan Pasukan Bela Diri Jepang. Kemudian kerja sama peningkatan kapasitas, pertukaran informasi tentang institusi dan isu-isu pertahanan (dinamika regional, keamanan maritim, bantuan kemanusiaan dan tanggap bencana, kedokteran militer, kontra-terorisme, pertahanan siber, kerangka kerja regional), maupun kerja sama di bidang pendidikan dan pelatihan melalui pertukaran pelajar, pakar dan peneliti.

Saat menerima Dubes Jepang untuk Indonesia, Wamenhan M. Herindra didampingi Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Rodon Pedrason dan Kabaranahan Kemhan Laksda TNI Yusuf Jauhari, sementara Dubes Jepang didampingi Director of Political Affairs, Embassy of Japan Mr. Tanaka Motoyasu dan Athan Jepang untuk Indonesia Capt. (N) Mizuno Hidenori.

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *