Kominfo Dorong Pemanfaatan Teknologi Metaverse di Indonesia

Breaking News

wantaranews.com – jakarta

Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai mendorong pemanfaatan teknologi metaverse di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, menyatakan upaya untuk mengembangkan ekosistem digital tersebut diwujudkan melalui jalinan sinergi antara Kementerian Kominfo dan Telkom University dengan Telecom Infra Project (TIP) dan Meta Connectivity.

“Sinergi ini akan mendorong industri lokal memanfaatkan teknologi metaverse dan masyarakat Indonesia akan bisa memanfaatkan metaverse,” kata Menkominfo disela-sela penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memoradum of Understanding antara Kementerian Kominfo, Telkom University dengan TIP dan Meta Connectivity dalam rangkaian acara Mobile World Congress (MWC) 2022, di Barcelona, Spanyol, pada Selasa (1/3/2022) waktu setempat.

Penandatanganan MoU itu disaksikan langsung Menkominfo Johnny G. Plate, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail, dan Dubes Indonesia untuk Spanyol Muhammad Najib.

Menurut Menteri Johnny, sinergi dalam mengembangkan Open Technology dan Metaverse Ecosystem di Indonesia ini adalah salah satu upaya mempercepat transformasi digital dengan mengembangkan ekosistem serta talenta digital.

Pengembangan talenta digital nasional, melalui Telkom University, diharapkan bisa menjadi salah satu modal untuk mempersiapkan Indonesia mengatasi tantangan kemajuan teknologi.

“Untuk memajukan pertumbuhan ekonomi digital, pengembangan talenta digital penting bagi Indonesia yang nantinya akan menjadi salah satu pilar dalam mempersiapkan Indonesia menjadi bangsa yang maju,” katanya..

Rektor Telkom University Adiwijaya menambahkan, kerja sama menjadi bukti bahwa Telkom University fokus pada pengembangan teknologi telekomunikasi dan informasi, termasuk teknologi metaverse.

Kerjasama ini diharapkan akan memberikan manfaat langsung teknologi metaverse yang bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Kami percaya bahwa inilah saatnya bagi kita untuk bekerja sama dan bahu membahu antara Meta Connectivity, Telkom, TIP dan industri lokal untuk memastikan bahwa manfaat dari metaverse akan segera dirasakan oleh semua orang,” tukasnya.gilangNawawi

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *