Kasus Konfirmasi Tentang COVID 19 Harian Terjadi Penurunan

Breaking News

wantaranews.com – jakarta

Dalam satu minggu terakhir, mulai terlihat tren konfirmasi kasus harian yang menunjukkan penurunan puncak kasus harian COVID-19 varian Omicron, yang saat ini sudah sudah melampaui daripada kasus Delta.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, mengatakan di saat yang bersamaan, kondisi perawatan rumah sakit (RS) harian masih pada angka yang cukup stabil.

“Selain itu, hasil pantauan Kemenkes menunjukkan terjadinya tren penurunan angka konfimasi kasus harian secara nasional sempat mencapai kasus tertinggi pada angka 64.718 pada Rabu 16 Februari 2022,” kata Nadia Selasa (22/2/2022).

Sejak saat itu lanjut Nadia, angka konfirmasi harian terus menurun, yang hingga kemarin Senin 21 Februari 2022 dilaporkan sebanyak 34 ribu. Angka tersebut juga sudah berada di bawah dari puncak kasus varian Delta pada Juli-Agustus 2021 yang mencapai angka 56.757 kasus per hari.

Selain itu, Nadia mengungkapkan bahwa jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di RS cenderung landai. Secara nasional, jumlah pasien yang dirawat sebanyak 36488 orang.

Jika dilihat dari kapasitas tempat tidur isolasi maupun Intensive Care Unit (ICU) untuk kasus COVID-19 kurang lebih 38 persen. Nadia mengatakan angka pasien yang dirawat di RS masih sangat jauh di bawah jumlah masih dirawat saat gelombang delta yang mencapai 93.256 pasien.

“Meskipun demikian, strategi Kemenkes untuk menurunkan kasus dan memperkuat fasilitas layanan kesehatan terus dijalankan mulai dari hulu sampai hilir penguatan di layanan kesehatan

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *