Berikut Kinerja Khofifah Emil Selama Tiga Tahun Pimpin Jatim

Breaking News

wantaranews.com – Surabaya

Tepat 13 Februari 2019 atau tiga tahun lalu, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak, dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Kinerja apa saja yang dinilai berhasil dituntaskan Khofifah-Emil dalam kurun waktu tiga tahun tersebut?

Dari sektor peternakan, Jatim berhasil menduduki peringkat pertama secara nasional. Pada tahun 2020 lalu, populasi ternak sapi sebesar 4,8 juta ekor. Dan tahun 2021 lalu, sebesar 4,93 ekor, sedangkan tertinggi kedua hanya sebanyak 1,8 juta ekor.

“Alhamdulillah sesungguhnya dari sisi peternakan misalnya, kita ini nomor satu dan tinggi sekali dari yang nomor dua. Artinya, kinerja dari peternakan di Jawa Timur ini kinerja semuanya semua pihak,” ujarnya, Minggu (13/2/2022).

Berikutnya dari sektor pertanian juga demikian. Pertanian di Jatim tahun 2020 tertinggi se-Indonesia, kemudian pada tahun 2021 per 31 Desember juga tertinggi se-Indonesia, yang mana nilainya hampir 10 juta ton Gabah Kering Giling (GKG), produksi petani di Jawa Timur.

“Jadi saya ingin menyampaikan bahwa ini adalah sinergi kinerja dari semua pihak,” tegasnya.

Kemudian dari sektor pendapatan. Pendapatan Jawa Timur di tahun 2021 secara prosentatif tertinggi diantara seluruh provinsi di Indonesia. “Kita melihat dan tentu berterima kasih, bahwa pendapatan Jawa Timur di tahun 2021 secara prosentatif tertinggi diantara seluruh Provinsi di Indonesia,” imbuhnya.

Lalu angka kemiskinan di Jatim juga mengalami penurunan sebanyak 313 ribu jiwa, atau setara dengan 30% penurunan kemiskinan secara nasional. Menurut Khofifah, tak lepas dari kinerja seluruh Bupati Walikota, Kepala Desa Lurah se Jawa Timur.

“Saya rasa ini kerja keras kita semua, teman-teman media memberikan sosialisasi yang sangat luar biasa, dan Alhamdulillah kita di sangat banyak sektor mencapai titik kinerja yang cukup bagus. Teruslah semangat, Optimis Jatim Bangkit,” pesannya.

Meski demikian, masih ada sektor yang menjadi pekerjaan rumah bagi Khofifah-Emil di sisa dua tahun jabatan Gubernur dan Wagub Jatim. Yakni percepatan penerapan Perpres 80.

“Yang dikejar tentu banyak, Perpres 80 itu salah satunya. Ada beberapa PR di Perpres 80 itu yang terkendala karena Covid-19 kemarin. Ini kan kita dilantik 13 Februari 2019, Februari 2020 sudah Covid, kita bisa bayangkan bahwa berbagai ikhtiar ikhtiar yang sudah kita programkan tentu kita berharap tetap akan bisa kita capai,(gilangNawawi)

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *