Plt Wali Kota Bekasi Aktifkan Kembali RW Siaga

Breaking News

wantaranews.com – KOTA BEKASI

Bertempat di Command Center Kota Bekasi pada pukul 19.30 WIB, Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto bersama Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Reny Hendrawaty adakan Zoom Meeting bersama Rapat Koordinasi para Ketua Rukun Wilayah (RW) se Kota Bekasi.

Mendengarkan arahan dari Plt. Wali Kota Bekasi dalam peningkatan kasus lonjakan Covid 19 Kota Bekasi yakni pada kasus aktif gelombang ketiga, peran Ketua RW sebagai pemimpin di wilayah untuk kembali mengingatkan para warganya dalam penegakkan Protokol Kesehatan dan kembali aktif dalam peran RW Siaga. 

Arahan dari Tri Adhianto, peran RW Siaga untuk mengecek para warganya dalam masa pandemi yang kembali melonjak dan jika ada warga yang terpapar bisa mengubah balai RW atau Posko RW menjadi tempat isolasi mandiri bagi warga yang terpapar jika saja adanya pembludakan kasus aktif.

Sementara untuk kasus aktif terbanyak pada Kelurahan di Kota Bekasi yakni Kelurahan Bojong Rawalumbu (514 kasus), Kelurahan Pejuang (460 kasus), dan Kelurahan Duren Jaya (390 kasus).

Ditegaskan kepada Camat beserta stakeholder sampai dengan Ketua Rukun Warga agar melakukan Analisa dan evaluasi rutin kasus Covid-19, kerumunan masa, dan bagian bagian yang tinggi resiko peningkatan kasus Covid 19 dan Melakukan Upaya Persuasif terhadap Peningkatan protokol kesehatan secara Humanis. Untuk para Ketua RW dan Ketua RT untuk segera melakukan konfirmasi secepatnya jika.ada warga yang telah terindikasi Covid 19 dengan melakukan koordiansi ke Puskesmas setempat.

Mengenai Vaksinasi, Plt. Wali Kota arahkan prioritas untuk para lanjut usia yang akan dilakukan di Stadion Patriot Candrabhaga pada gate 10 di tanggal 08 Februari 2022, berikut juga untuk pelaksanaan vaksin yang masih rendah menjadi target sasaran upaya untuk menekan peningkatan kasus, sehingga perlu dilakukan penguatan Vaksinasi, karena kebanyakan Pasien belum melakukan Vaksinasi secara lengkap seperti booster.

Plt. Wali Kota juga berdiskusi dengan beberapa Ketua RW melalui zoom meeting diantaranya Ketua RW 23 kelurahan Pejuang Kecamatan Medan Satria yang masuk ke dalam data RW terbanyak kasus aktif yakni  8 kasus, ditegaskan kepada satgas Pamor bersama Ketua RT dan Ketua RW terus melakukan Peningkatan Protokol Kesehatan  di wilayah dengan melakukan war war. Begitu juga kepada Lurah dan Kepala Puskesmas untuk selalu mengontrol para isolasi mandiri dengan memberikan pelayanan terbaik seperti obat dan vitamin.

Berlanjut ke RW 17 Kelurahan Duren Jaya Kecamatan Bekasi Timur yang menjelaskan sudah melaksanakan penyemprotan disinfectan dan war war di seluruh wilayahnya, dan tidak lupa berkoordinasi dengan para stake holder di Kelurahan setempat. Plt. Wali Kota memerintahkan kepada Lurah Duren Jaya karena di wilayah tersebut aktif adanya pasar yang setiap harinya ramai, agar diberlakukan sosialisasi kembali dalam kenakan masker baik untuk pedagang maupun pembeli.

“Terima kasih untuk kerjasama dan koordinasi ini, semoga kita selalu diberikan kekuatan dalam menghadapi gelombang ketiga ini, dan jangan lupa masing masing dari diri kita selalu terapkan protokol kesehatan kembali

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *