Menkominfo: Pentingnya Kerja Sama dan Kolaborasi Memasuki Era Industri 4.0

Breaking News

wantaranews.com – jakarta

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate, menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan komitmen serta berkolaborasi dengan kementerian, lembaga dan ekosistem.

Hal ini dinilai penting dalam pelaksanaan tugas Kementerian kominfo sebagai enabler bagi masyarakat Indonesia memasuki era industri 4.0.

“Bangsa kita bahkan di seluruh dunia akan terus membicarakan digitalisasi. Untuk Indonesia, tugas utama dan landasan dasarnya dipercayakan kepada kita, karena Kominfo adalah enabler untuk masyarakat Indonesia masuk ke industri 4.0,” ujar Menkominfo dalam Digital Leaders Meeting di Yogyakarta, seperti dilansir Humas Kominfo pada Jumat (28/1/2022).

Menurut Johnny, Kementerian Kominfo bertugas menyediakan ekosistem digital dari hulu ke hilir, mencakup pembangunan infrastruktur telekomunikasi hingga memastikan kualitas talenta digital nasional.

Selain itu, Kementerian Kominfo juga mendapatkan tugas dari Presiden Joko Widodo untuk membangun infrastruktur telekomunikasi hingga penyiapan regulasi atau payung hukum yang memadai.

“Kita diberikan tanggung jawab untuk memastikan ketersediaan infrastruktur ICT yang merata di seluruh wilayah Tanah Air, dan juga memastikan bahwa hilirisasi infrastruktur ICT harus sudah dimanfaatkan dan digunakan secara optimal dan maksimal,” kata Menkominfo Johnny.

Lebih lanjut Menkominfo menjelaskan, pembangunan infrastruktur dan hilirisasi pemanfaatannya oleh masyarakat, juga harus diimbangi dengan ketersediaan talenta digital nasional.

“Kita tentu tidak bekerja sendiri, ada banyak kementerian, lembaga dan ekosistem yang bekerja bersama-sama kita terkait dengan talenta digital. Akan tetapi, menjadi tugas kita untuk memberikan stimulus agar ketersediaan baik jumlah dan kualitas sumber daya manusia digital kita tercukupi,” papar Johnny.

Selain itu, Kementerian Kominfo mendapatkan tugas dan tanggung jawab dalam memastikan tata kelola sumber daya spektrum frekuensi yang optimal dan efiesien. Hal itu merupakan proyeksi kebutuhan digitalisasi yang begitu besar.

“Kita mengadopsi teknologi-teknologi baru, tapi tata kelola sumber daya spektrum frekuensi dipercayakan pada Kementerian Kominfo. Tidak saja sebagai penerimaan negara, tetapi untuk menjadi landasan dasar pembangunan telekomunikasi nasional dan dampak berganda serta multiplier effect dari kepercayaan itu,” jelas Menkominfo.

Lebih lanjut Menkominfo menjelaskan, Kementerian Kominfo juga memiliki tugas penting untuk memastikan ketersediaan payung hukum yang memadai.

Oleh karena itu, katanya, diperlukan kerja sama dengan berbagai lembaga negara dan mitra kerja atau ekosistem untuk mengantar Indonesia memasuki era digital melalui partisipasi masyarakat yang optimal, termasuk memastikan mitigasi dampak digitalisasi.

“Bapak Presiden mempercayakan tugas dan tanggung jawab ini kepada Kementerian Kominfo dan kita mempertanggungjawabkannya kepada Bapak Presiden dan kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tandas Menkominfo

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *