Menteri PPPA Minta Pemda Implementasikan RAN P3AKS Kedua

Breaking News

wantaranews.com – jakarta

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Men-PPPA), Bintang Puspayoga, meminta agar Pemerintah daerah mengimplementasikan Rencana Aksi Nasional Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak dalam Konflik Sosial (RAN P3AKS) kedua, sebagai upaya memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.

KPPPA sangat mendukung agar seluruh pemda dapat memberikan perhatian terhadap isu perlindungan perempuan dan anak dalam konflik sosial, dengan mengimplementasikan RAN ini di darahnya,” kata Menteri PPPA dalam sambutannya, saat membuka acara Kenduri Perdamaian bertema Membangun Kembali Lebih Baik dengan Memastikan Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak dalam Konflik Sosial, yang digelar secara daring, di Jakarta, Kamis (6/1/2022).

Menteri PPPA juga berharap RAN tersebut dapat menjadi instrumen yang lebih menguatkan koordinasi, dan kolaborasi antara kementerian/lembaga, pemda dan organisasi masyarakat sipil dalam upaya perlindungan terhadap perempuan dan anak.

Dijelaskan bahwa, sebagai individu, perempuan dan anak menjadi kelompok yang paling rentan memiliki risiko untuk menerima dampak yang lebih parah dari situasi konflik sosial yang terjadi.

Akibat konflik sosial, perempuan dan anak dapat menderita luka fisik, mental, juga kehilangan akses untuk kebutuhan dasar, pemanfaatan SDA hingga menjadi target kekerasan dan pelecehan seksual,” tambah Bintang.

Berbagai kebijakan juga telah dikeluarkan pemerintah untuk menyikapi berbagai isu konflik sosial, baik berupa peraturan perundang-undangan maupun peraturan pelaksana di bawahnya. “Hal ini membuktikan keseriusan negara dalam memberi rasa aman dan perlindungan bagi perempuan dan anak dalam konflik sosial,” kata Bintang.
Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri, peristiwa konflik di Indonesia meningkat terus, yakni pada 2019 mencapai 31 kasus, pada 2020 sebanyak 71 konflik dan pada 2021 ada 138 konflik terkait dengan politik, ekonomi, sosial dan budaya.
Untuk itu Menteri PPPA berharap semua pihak dapat saling bekerja sama untuk mengimplementasikan RAN P3AKS kedua ini. Ia juga mengapresiasi langkah pemda yang telah mengimplementasikan RAN P3AKS kedua dalam RAN daerah melalui SK gubernur.
Keterlibatan seluruh pihak adalah kunci untuk mengoptimalkan implementasi RAN P3AKS kedua ini
Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *