Warga Xi’an China Kelaparan, Dilarang Keluar Beli Makan saat Lockdown

Breaking News

wantaranews.com – jakarta

Jakarta, CNN Indonesia — Warga Kota Xi’an, China, menjerit kelaparan karena pemerintah memperketat aturan pencegahan Covid-19 dengan melarang penduduk keluar rumah, termasuk untuk membeli makan. Pemerintah mengaku kesulitan menyalurkan bantuan di tengah pengetatan aturan itu.

Jeritan warga Kota Xi’an itu mulai menggema di berbagai jejaring sosial sejak pekan lalu, beberapa hari setelah pemerintah China resmi menetapkan larangan keluar rumah pada Senin (27/12).

Bagaimana kami bisa hidup? Apa yang harus kami makan?” ujar salah satu warga China pengguna media sosial Weibo, sebagaimana dikutip AFP.
Ia kemudian menuliskan, “Beberapa hari lalu, kami setidaknya bisa keluar rumah satu kali untuk membeli makanan, tapi [aturan itu] sudah diubah. Sekarang, aplikasi belanja virtual juga kalau tidak sudah kehabisan, di luar jangkauan pengiriman

Sebelum pembaruan aturan ini, China memang mengizinkan warga keluar rumah tiga hari sekali untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Namun, pemerintah memperketat aturan itu dengan melarang warga keluar rumah kecuali untuk tes Covid-19
Saat memberlakukan larangan itu, pemerintah berkeras bahwa suplai kebutuhan pokok akan tetap stabil meski pergerakan warga sangat dibatasi.

Namun, beberapa hari setelah aturan itu diterapkan, pejabat Xi’an, Chen Jianfeng, mengakui bahwa pemerintah daerah kesulitan memobilisasi perusahaan-perusahaan untuk mempercepat distribusi ke masyarakat.

“Kami mengupayakan yang terbaik untuk menangani masalah kekurangan staf ini, dan mengeluarkan izin bagi kendaraan-kendaraan yang menjamin pasokan kebutuhan pokok,” katanya.(M-GilangNawawi)

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *