Wisma Atlet “Lockdown”, DPR Minta Pemerintah Pasok Logistik Pasien, Tenaga Medis, dan Pekerja

Breaking News Pemerintahan

wantaranews.com – jakarta

Seorang tenaga kesehatan berjalan di selasar Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (15/6/2021). Menurut Koordinator RSDC Wisma Atlet Kemayoran Mayjen TNI Tugas Ratmono, pihaknya menambah jumlah kapasitas tempat tidur menjadi 7.394 dari 5.994 akibat tingginya penularan COVID-19 di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya

Keputusan pemerintah mengambil tindakan mengunci atau lockdown Rumah Sakit (RS) Wisma Atlet, menurut Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay adalah tepat. Kebijakan ini dimaksudkan untuk mengantisipasi meluasnya penularan virus varian Omicron yang telah masuk ke Indonesia.

Selama masa lockdown, seluruh penghuni Wisma Atlet dan pekerja yang ada di sana harus dipastikan sehat dan tidak tertular. Jika ditemukan ada yang tertular, perlu ditangani secara baik dan dikarantina di tempat yang lebih aman.

Namun tentu harus dipastikan kebutuhan logistik mereka yang ada di Wisma dapat terpenuhi. Makan, minum, perlengkapan harian, dan lain-lain harus mencukupi. Dengan begitu, mereka bisa melalui hari-hari karantina di sana dengan baik,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (17/12/2021).

Selain itu, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga memandang kebijakan lokcdown harus disertai pengujian serta pelacakan (testing dan tracing) yang lebih luas. Sebab, selama satu minggu terakhir, ada banyak orang yang berinteraksi atau kontak erat dengan orang yang dikarantina atau petugas yang bekerja di sana.

Artinya, mereka yang sempat berinteraksi dan kontak erat bisa saja telah terinfeksi. Orang-orang inilah yang perlu ditelusuri. “Kalau pendataannya bagus, saya kira tidak sulit untuk menemukan orang-orang tersebut. Apalagi kalau penghuni dan pekerja di Wisma bisa memberikan informasi. Testing dan tracing ini diperlukan untuk memastikan bahwa varian Omicron ini tidak menyebar di luar Wisma,” katanya.(M-GilangNawawi)

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *