Tangani Kode Etik, DKPP Luncurkan SIETIK

Breaking News
wantaranews.com – jakarta
Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia (DKPP) RI meluncurkan aplikasi sistem informasi kode etik (SIETIK) penyelenggara pemilu.

Hal tersebut disampaikan Anggota DKPP Didik Supriyanto, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (16/12/2021).

Didik mengatakan, aplikasi sebagai upaya memanfaatkan teknologi secara maksimal sehingga membantu proses penanganan kode etik penyelenggara pemilu.

“Sistem ini memungkinkan kita semua secara lebih mudah mendapatkan informasi, juga mengikuti proses bagi mereka yang tersangkut urusan dengan DKPP, baik pengadu, teradu dan kawan-kawan penyelenggara pemilu, pemilih maupun peserta pemilu,” kata Didik.

Didik mengatakan, aplikasi tersebut terintegrasi dalam hal menangani pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu mulai dari pengaduan, pemeriksaan, persidangan, pleno pengambilan keputusan, pembacaan putusan hingga tindak lanjut.

“Melalui aplikasi ini proses pemeriksaan pengaduan, verifikasi formil dan materil, jadwal sidang pemeriksaan, pembacaan putusan sampai tindak lanjut putusan semua bisa dipantau secara digital sehingga memudahkan dalam mengolah data pengaduan, persidangan serta pencarian rekam jejak penyelenggara pemilu,” katanya.

Didik menambahkan, kehadiran aplikasi tersebut diharapkan dapat menjawab tantangan DKPP ke depan, mempercepat proses penanganan kode etik dan membuka informasi seluas-luasnya.

“Sekali apa yang kita kerjakan dalam bentuk dari SIETIK ini merupakan lanjutan, kami mewujudkan mimpinya Prof. Jimly Asshiddiqie, Prof. Harjono, untuk bisa mendigitalkan semua proses penanganan pelanggaran kode etik sehingga proses mudah diikuti sehingga bisa bermanfaat banyak biat kita semua,” kata Didik.

DKPP juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kominfo karena dukungannya dapat menjadikan sistem informasi tersebut terbangun dengan baik meskipun prosesnya hanya dalam waktu singkat.

“Sistem ini selesai boleh dibilang sangat cepat, sehingga kurang dalam satu semester sistem ini bisa selesai. Kami juga berterima kasih kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atas dukungannya terutama sertifikasi tanda tangan elektronik yang sangat kami butuhkan, dengan itu aplikasi ini bisa dioperasionalkan

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *