Pemerintah Diminta Tracing untuk Temukan Sumber Pertama yang Tularkan Varian Omicron

Breaking News Pemerintahan

wantaranews.com – jakarta

Budiman meminta pemerintah melakukan tracing untuk menemukan sumber pertama yang menularkan virus corona varian B.1.1.529 atau Omicron. Sebab kasus pertama varian Omicron ditemukan pada petugas kesehatan di Wisma Atlet yang digunakan untuk karantina Pekerja Migran Indonesia, pelajar atau mahasiswa dan pegawai pemerintah yang kembali dari perjalanan dinas.

“Harus ditemukan sumber pertama yang menularkan pasien itu. Kalau tidak ditemukan harus curiga jangan-jangan (penularan) terjadi pada transmisi lokal,” kata Dicky pada Kompas.com, Kamis (16/12/2021). Dicky menyebut sumber penularan itu mesti dicari untuk mendapatkan kepastian. Ia menyarankan masyarakat untuk membatasi mobilitas ke luar kota dalam perayaan Hari Natal 2021 dan Perayaan Tahun Baru 2022 (Nataru).

“Yang belum beli tiket, tidak perlulah, cukup liburan di dalam kota. Sedangkan yang sudah terlanjur pastikan aman dan tidak membawa virus,” sebut dia. Memastikan keamanan diri tidak membawa virus dalam perjalanan ke luar kota, lanjut Dicky, dapat dilakukan dengan melakukan tes antigen, tidak bergejala, dan tidak melakukan kontak dengan orang lain yang terinfeksi Covid-19. “Kalau kita abai bisa berbahaya,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah mengatakan varian Omicron sudah masuk ke Indonesia. Berdasarkan keterangan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kamis (16/12/2021) varian asal Afrika Selatan itu terdeteksi pada petugas kebersihan Wisma Atlet. Namun saat ini petugas tersebut telah menjalani karantina di Wisma Atlet dan sudah dinyatakan negatif Covid-19.

Tapi kami harapkan masyarakat tidak panik dan tetap mematuhi protokol kesehatan,kata(MGilangNawawi)

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *