Sukses Sumdarsin, Kapolda Sumbar Didaulat Tokoh Keterbukaan Informasi Publik

Breaking News

wantaranews.com – padang

Meningkatnya capaian vaksinasi di Sumatera Barat, tidak lepas dari Gerakan Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) yang digagas oleh Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra.

Hingga hari ini capaian vaksinasi COVID-19 di wilayah Sumatera Barat tercatat mencapai angka 59 persen dari total penduduk yang menjadi sasaran vaksin.

“Sejak adanya gebyar Sumdarsin, capaian vaksinasi COVID-19 Sumbar sebagai bagian dari Program Vaksinasi Nasional melonjak drastis, hari ini terinput data warga Sumbar telah vaksin 59 persen,” ujar Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra saat menerima Komisi Informasi Sumbar di ruang kerjanya di Mapolda Sumbar, Sabtu, (11/12/ 2021).

Atas sukses SumDarsin, sehingga sangat mudah diakses publik tentang input warga telah vaksinasi itu, Komisi Informasi Sumatera Barat (KISB) mengapresasi Teddy Minahasa Putera sebagai tokoh Keterbukaan Informasi Publik 2021 atau Achievement Motivation Person.

“Berdasarkan pantauan KISB selama tahun 2021, Kapolda Sumbar selain sukses menggenjot secara signifikan capaian vaksinasi Sumbar, juga soal komitmen dan motivasi Bapak Irjen Pol Teddy Minahasa terhadap keterbukaan informasi publik yang sangat bagus,” ujar Komisioner KISB Adrian Tuswandi.

Pada kesempatan ini, Adrian yang mendampingi Komisioner KISB bidang Kelembagaan Tanti Endang Lestari menyerahkan plakat Tokoh Keterbukaan Informasi Publik Sumbar 2021 kepada Irjen Pol Teddy Minahasa didampingi beberapa pejabat utama Mapolda Sumbar dan Kabid Humas, Kombes Pol Satake Bayu Setianto.

Menurut Komisioner Bidang Kelembagaan KISB, Tanti Endang Sari, ada hal lain soal komitmen Polda Sumbar tentang pelaksanaan UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Polda Sumbar selalu koordinasi terkait keterbukaan informasi publik termasuk jika ada sengketa Polda Sumbar sangat menghargai proses sidang Sengketa Informasi Publik di KISB,” ujar Tanti.

Menanggapi hal tersebut Irjen Pol Teddy Minahasa menyatakan, adalah keharusan mematuhi perintah UU yang mengatur tentang keterbukaan informasi publik.

“Terimakasih atas anugerah yang diberikan, ini menjadi pemicu saya lebih keras bekerja termasuk menerapkan UU 14 Tahun 2008 di institusi Polda Sumbar, “lanjutnya.

Selain mengucapkan terima kasih, Kapolda juga mengatakan, apa yang telah ia lakukan merupakan kewajiban selaku pimpinan Polda Sumatera Barat. 

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *