1 0
Read Time:1 Minute, 34 Second

wantaranews.com – Jakarta

Komandanan Satuan Tugas Maritime Task Force (Dansatgas MTF) yang sekaligus sebagai Komandan KRI Sultan Iskandar Muda (KRI SIM) – 367 Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S., menjamu makan siang Duta Besar (Dubes) RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal dan sejumlah petinggi Turki di atas geladak KRI Sultan Iskandar Muda-367 yang sedang berlabuh di Pelabuhan Mersin,Turki, Rabu (09/06/2021)

Dalam sambutannya, Dansatgas mengucapkan terima kasih kepada Duta Besar RI untuk Turki dan para petinggi Turki lainnya, karena KRI SIM dapat disambut baik oleh warga Mersin saat kapal akan berlabuh di dermaga Mersin.

Sementara itu Dubes RI Lalu Muhamad Iqbal menyampaikan bahwa kegiatan jamuan makan siang ini adalah sebagai bagian bentuk Diplomasi Militer dan Diplomasi Budaya.

“KRI SIM saat ini sedang menjalankan tugas sebagai Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-M/UNIFIL di Lebanon dan akan mengunjungi Pelabuhan Mersin secara rutin nantinya untuk perawatan serta bekal ulang logistik.

Berkaitan dengan hal itu , sesuai dengan Tradisi Indonesia dan sebagai bentuk dari Diplomasi Militer serta Diplomasi Budaya saya memprakarsai untuk menghadiri acara makan siang bersama para pejabat Turki di KRI SIM dengan tetap menyesuaikan dan melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan di sini ” , kata Dubes Lalu Muhamad Iqbal.

“Pelabuhan Mersin juga nantinya akan menjadi pelabuhan terbesar di Turki, yang memiliki fasilitas perawatan kapal termasuk kapal militer dan salah satu yang terbesar di wilayah Laut Mediterania. Hal ini sangat mendukung KRI SIM apabila nantinya sandar kembali di Mersin” tutupnya.

Acara makan siang bersama ini juga dikemas dengan menampilkan kesenian tari tradisional Indonesia yang dipertunjukan oleh para prajurit awak kapal KRI SIM dan juga menyuguhkan makanan khas Indonesia.

Hal tersebut merupakan bentuk dari menjalankan tugas yang diemban berkaitan dengan diplomasi negara sejalan dengan amanah Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) saat Rapat Pimpinan TNI AL 2021 lalu, Angkatan Laut harus bisa secara profesional untuk menjalankan tugas diplomasi Angkatan Laut. (Puspen/Wilson)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *