2 0
Read Time:1 Minute, 38 Second

wantaranews.com – CIBARUSAH

Pemerintah Kecamatan Cibarusah berkordinasi dengan semua pihak untuk mengantisipasi bencana kekeringan pada musim kemarau tahun ini.

Camat Cibarusah Muhamad Kurnaepi mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebupaten Bekasi, pemerintah desa dan Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Selain itu, pihaknya mengaku, sudah berkirim surat kepada BPBD agar membantu mempersiapkan segala sesuatunya dari mulai personil sampai adanya surat keputusan Bupati tentang bencana kekeringan.

“Alhamdulillah pihak kami telah menyampaikan laporan melalui surat ke BPBD, tentang antisipasi musim kemarau yakni kekeringan, yang melanda tiga desa,” katanya, Senin (07/06).

Kurnaepi menambahkan, biasanya di Bulan Juni sampai Oktober, musim kemarau atau kekeringan melanda tiga desa di Kecamatan Cibarusah, yakni Desa Sirnajati, Ridogalih dan Desa Ridomanah di wilayah Cibarusah.

Menurutnya, saat ini, warga Cibarusah di tiga desa tersebut sudah memanfaatkan saluran pipa PDAM dengan menjadi konsumennya.

Selain itu, ada tujuh tempat MCK umum yang telah tersedia di tiga desa yang dibangun oleh Pemkab Bekasi. Sehingga ketika tanggap darurat atau di saat musim kekeringan melanda, nantinya ke tujuh MCK umum tersebut dapat digunakan.

“Untuk airnya akan disuplai oleh pihak PDAM dan warga bisa mengambilnya gratis. Selain BPBD yang mengirim air saat kekeringan, dari instansi lain pun biasanya ada yang menyuplai, tapi saya berharap musim kemarau tahun ini tidak separah tahun-tahun yang lalu,” terangnya.

Kurnaepi menuturkan, sampai saat ini di Desa Ridogalih saja sudah ada 140 Kepala Keluarga (KK) yang sudah menjadi konsumen PDAM.

“Bagi yang belum bisa secara pribadi daftar ke PDAM untuk menjadi konsumen. Alhamdulillah harga pemasangannya lebih ringan dari warga perkotaan,” tandasnya.

Kepala Cabang PDAM Kecamatan Cibarusah, Ganjar menegaskan, pihaknya sudah memaksimalkan pipa PDAM yang telah terpasang. Apalagi sampai bulan ini, sudah 300 konsumen atau warga yang telah tersambung pipa PDAM.

“Alhamdulillah PDAM Cabang Cibarusah telah berkoordinasi dengan Muspika, pemdes dan BPBD untuk antisipasi musim kemarau, sehingga bagi warga yang tidak menjadi konsumen, saat kemarau dan kekurangan air bersih bisa mengambilnya di penampungan yang tersedia di desa masing-masing secara gratis,” pungkasnya.(Wilson)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *